Walikota Diminta Terbitkan Perwali TPU

No comment 158 views
banner 160x600

Women face

Ambon,- Komisi III DPRD Kota Ambon meminta walikota, Richard Louhenapessy untuk secepatnya mengeluarkan Peraturan Walikota (Perwali) tentang tata cara pemakaman agar TPU yang telah ada dapat segera difungsikan.

Baca Juga: Gempa Bumi Guncang Ambon Dan SBB, Tidak Berpotensi Tsunami
Baca Juga: Heli MI 8 Lakukan Water Bombing Wilayah Terdampak Likuifaksi Di Sulteng

Hal ini berdasarkan hasil tinjauan Komisis tiga ke TPU Air Besar (Arbes) Kecamatan Sirimau Kota Ambon, kemarin. Dimana menurut Ketua Komisi III, yusuf wally di Balai Rakyat Belso, Kamis (3/8). Dalam Perwali tersebut akan mengatur pemakaman dalam bentuk moderen sehinga tidak lagi masyarakat yang mengatur lahan kuburan.

“Kalau bisa Perwali dipercepat, sehingga pengaturan tentang proses pemakaman bisa dipercepat dan TPU bisa langsung difungsikan. oleh karena di TPU Arbes nanti modelnya akan moderen, sehingga masyarakat tidak lagi berbuat semau mereka untuk bangun kuburan,” katanya

Wally mengatakan, berdasarkan hasil peninjauan lapangan di lokasi TPU.TPU Arbes belum dioptimalkan karena akan dilakukan pembangunan talud untuk mengatur drainase di lahan TPU. Namun yang menjadi kebutuhan mendasar itu bukan pembangunan talud, melainkan perluasan lahan TPU Arbes dimana Luas lahan tersebut itu 4 hektar.

Karena itu Komisi III dalam waktu dekat akan mengagendakan rapat bersama Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Perkotaan (PRKP) Kota Ambon. untuk membicarakan terkait pengoptimalan lahan TPU yang telah ada, sehingga persoalan TPU bagi masyarakat sekitar dapat teratasi.

" Secara keseluruhan pekerjaan lokasi TPU belum tuntas, namun bagi kami jika perwali telah dikeluarkan. maka lahan yang sudah ada dapat difungsikan lebih dulu guna mengurangi persoalan pemakaman bagi masyarakat di kecamatan sirimau khususnya yang beragama muslim," ungkapnya. (MQN)