UHC 1 Januari 2019 : Kota Tual Patut Dibanggakan

No comment 64 views
banner 160x600

Women face

Tual,FM – Pemerintah Kota Tual wujudkan kepeduliannya terhadap kesehatan masyarakat Kota Tual dengan Universal Health Coverage (UHC). Hal ini ditandai dengan penandatanganan perjanjian kerja sama antara Pemerintah Kota Tual dengan BPJS Kesehatan di Pendopo Yarler Kota Tual, Kamis (29/11) usai upacara peringatan HUT KORPRI ke-47.

Baca Juga: Bupati Abua Tipu Dua Mata Rumah Parentah Negri Hatu
Baca Juga: Lantik Raja Hatu Tanpa Pemilihan

Turut hadir dalam acara tersebut Sekda Tual, Kepala Kejaksaan Negeri Maluku Tenggara, Tim Jamkesda Kota Tual dan seluruh pimpinan OPD lingkup Kota Tual. Dalam sambutanya, Wakil Wali Kota Tual, Usman Tamnge mengungkapkan keseriusannya dalam mendukung program JKN-KIS dan menyehatkan masyarakat Kota Tual.

“Kerja sama ini merupakan wujud nyata Pemerintah Kota Tual untuk mendukung program JKN-KIS yang juga merupakan salah satu nawacita Presiden dalam meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia. Hal ini merupakan pencapaian yang patut dibanggakan, tidak lupa saya ucapkan terima kasih kepada para pihak yang turut berkontribusi atas pencapaian ini.” Ungkap Usman dalam sambutanya.

Dengan sehat, masyarakat akan lebih produktif sehingga dapat mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah.

Deputi Direksi Wilayah Sulselbartramal BPJS Kesehatan, I Made Puja Yasa menyambut baik atas langkah Pemerintah Kota Tual bersinergi dengan BPJS Kesehatan dan para stakeholder dalam upaya memberikan kepastian jaminan kesehatan bagi masyarakatnya.

“Apresiasi saya ucapakan atas langkah Pemerintah Kota Tual dalam mewujudkan UHC 1 Januari 2019 sehingga saudara-saudara kita disini dapat memiliki kepastian jaminan kesehatan. Saya harap kabupaten/kota lain di Provinsi Maluku dapat turut mengambil langkah yang sama agar Cakupan Semesta juga terwujud se-Maluku. BPJS Kesehatan bersama stakeholder terkait juga turut berupaya untuk selalu meningkatkan kualitas pelayanan dalam mengawa program mulia ini.” Tutur Puja.

Sampai dengan 26 Oktober 2018 jumlah peserta JKN-KIS di Maluku sebanyak 1.395.637 jiwa atau sebesar 75,14% dari total jumlah penduduk 1.857.337 jiwa. Dalam memberikan pelayanan kesehatan, BPJS Kesehatan Cabang Ambon telah bekerja sama dengan 266 FKTP yang meliputi Puskesmas, Klinik, Dokter Praktik Umum dan Dokter Praktik Gigi. Sementara itu di tingkat FKTRL, BPJS Kesehatan Cabang Ambon telah bermitra dengan 23 Rumah Sakit, 4 Klinik Utama dan 5 Optik. (FM-03)