Secara Administrasi Kependudukan, Samasuru Sah Bagian Dari Malteng

banner 160x600

Women face

AMBON - Secara administrasi kependuduka, negeri Samasuru dan seluruh bagiannya adalah sah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari Kabupaten Maluku Tengah.

Baca Juga: TdAM Untuk Perkenalkan Wisata Maluku
Baca Juga: Pembangunan Asrama Haji Antara Maluku Dikebut  

"Secara administrasi kependudukan, Negeri Samasuru adalah bagian yang tidak terpisahkan dari Kabupaten Maluku Tengah. Lantaran Maluku Tengah memiliki data base kependudukan masyarakat negeri Samasuru, " demikian ditegaskan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatam Sipil (Disdukcapil) Maluku Tengah (Malteng), Noval Anakotta kepada wartawan.Sabtu (13/10) di Ambon.

Dijelaskan Anakotta, Kabupaten Seram Bagian Barat sama sekali tidak memiliki data kependudukan mengenai masyarakat negeri Samasuru.

"Data base itu hanya ada pada Kabupaten Maluku Tengah dan bukan SBB. Dan data base kependudukan Maluku Tengah itulah yang digunakan oleh instansi pemerintah maupun non pemerintah, " ujar Anakotta.

Salah satu instansi yang menggunakan data base Disdukcapil Maluku Tengaj adalah KPU. Dimana data milik Disdukcapil Maluku Tengah ini digunakan KPU guna menyusun DP4, hingga Daftar Pemilih Tetap (DPT) Maluku Tengah.

Ditambahkan Anakotta, data base kependudukan Maluku Tengah ini juga terekam oleh pusat. Dan sejauh ini SBB tidak dapat menunjukam alat bukti mereka, berupa data base kependudukan masyarakat Negeri Samasuru.

"Dalam tiga Kali pertemuan antara Kabupaten Malteng, SBB, dan KPU. Kabupaten SBB tidal mampu menunjukan bukti.bukti administrasi kependudukan masyarakat Maluku Tengah, " tandas Anakotta.

Setelah tiga kali pertemuan antara SBB, Malteng dan KPU. Akhirnya disepakati persoalan tersebut akan dibawah ke Depdagri dalam hal ini Dirjen Disdukcapil.

"Dan patut diingat bahwa Kami dari Maluku Tengah tidak akan membiarkan satupun warga Maluku Tengah dipindahkan dari wilayah kami. Dan patut juga dicatat, sampai sekarang ini tercatat ada 300 lebih warga Samasuru yang memegang KTP Maluku Tengah. Ini sekali lagi menegaskan bahwa Samasuru itu bagian yang tidak dapat dilepas pisahkan dari Maluku Tengah, " demikian Anakotta. (JWL)