SANTUN Resmi Mendaftar Di KPU

No comment 598 views
banner 160x600

Women face

AMBON-Pasangan Bakal Calon gubernur dan wakil Gubernur Maluku, Said Assagaff dan Anderias Rentanubun dengan jargon SANTUN menjadi pasangan pertama yang resmi melakukan proses pendaftaran di KPU Maluku.

Baca Juga: Golkar Siap Lawan Intimidasi Terhadap Rakyat
Baca Juga: Polda Dan Kejati Maluku Didesak Proses Hukum Kakak Kandung Bupati Buru

Didampingi ketua Tim Richard Louhenapessy, Mantan bupati Maluku Tengah Tuasikal Abua, Ketua DPD Demokrat Maluku Elwin Roy Pattiasina, Ketua DPW PKS Maluku Azis Sangkala dan puluhan tim Relasi, pasangan santun memasuki Kantor KPU sekitar pukul 15.15 Wit, Selasa (9/1)

Said Assagaff usai melakukan proses pendaftaran kepada sejumlah media mengaku, pendaftaran direncanakan akan dilakuakn pada hari terakhir pendaftaran tanggal 10 Januari 2018, namun demi mengantisipasi hal teknis yang akan terjadi maka diputuskan untuk dimajukan hari ini.

" Sebenarnya kami ingin melakukan pendaftaran pada hari terakhir setelah deklarasi, namun kalau daftar hari terakhir, pasti waktunya sangat sempit untuk memperbaiki jika ada keukarangan teknis dalam dokumen. Jadi kalau sekarang kita masukan beararti masih ada waktu satu hari guna melengkapi jika ada yg tidak lengkap, " paparnya

Petahana Gubernur Maluku ini pun optimis, dengan berbagai proses politik yang berjalan dengan baik hingga ke tahapan pendaftaran ke KPU Maluku sebagai bakal calon . Maka dirinya akan kembali memimpin Maluku untuk yang ke dua kalinya hingga tahun 2023 nanti.

Sementara itu ,Koordinator bidang teknis KPU Maluku La Alwi, yang berperan sebagai pemandu penelitian semua berkas pasangan santun mengatakan, berkas yang dimasukan oleh bakal calon yang bersangkutan terdiri atas tiga berkas diantaranya, BB. KWK, Balon Gubernur, BB. KWK wakil gubernur, dan B. 1-KWK

"Santun telah melengkapi BB. KWK balon gubernur yang dalam cakupanya, yaitu surat persetujuan dari DPP partai terhadap balon gubernur yang diusung, sama halnya dengan B. KWK Balon cagub. Sementara untuk B. 1-KWK itu meliputi adanya persetujuan Parpol terhadap berpasangan. Dan santun telah memenuhi semuanya, " paparnya.

Sementara untuk syarat dati setiap bakal calon itu, sambungnya, juga telah dipenuhi oleh kedua figur yang berpasangan itu. Syarat seperti surat keterangan cacat kepolisian, riwayat hidup dan hal-hal yang mennyangkut pribadi figur juga, sudah dipenuhi oleh pasangan santun.

"persyaratan itu diantaranya, Dokumen Syarat calon,BB 1-KWK perseorangan yajtu, surat pernyataan calon gubernur, surat keterangan tidak pernah dijatuhkan pidana oleh Pengadilan Negeri Ambon, SKCK nomor 25044001, diterbitkan pada tanggal 8 januari 2018, tanda terima laporan harta kekayaan penyelenggara negara, surat keterangan dari pengadilan negeri Makassar Tentang Failed tertanggal, 14 september 2017, Surat keterangan Kemenkeu RI tentang wajib pajak berupa NPWP, KTP, ijazah SMA dan sarjana telah dipenuhi, begitu juga dengam wagub, " jelasnya.

Untul diketahui, KPU Maluku hampir saja tidak Mengeluarkan berita acara yang kepada pasangan Santun, lantaran Surat pernyataan dari pengadilan, yang menyatakan tidak sedang dicabut hak pilih, milik Anderias Rentanubun tidak ada dalam dokumen persyaratan

Sehingga, KPU memutuskan sidang dokumen pendaftaran pasangan Santun harus di Skorsing oleh ketia KPU Maluku Rifan Kubangun selama 30 menit. Dan sekitar pukul 17.00 WIT pasangan santun baru bisa melengkapi kekurangan berkas tersebut, baru kemudian KPU mengeluarkan berita acara pendaftaran pasangan Santun sekitar, pukul 17.11 WIT.

Dalam proses pendaftaran Pasangan Santun dinyatakan lolos dalam tahap pertama yakni tahap pendafataran, lanatarn telah memenuhi semua persyaratan yang harus dipenuhi, mulai dari syarat berpasangan hingga syarat personal, bagi bakal calon gubernur dan wakil Gubernur Maluku. (MQN)