Pemprov Maluku Sediakan Mudik Gratis Jelang Natal dan Tahun Baru

banner 160x600

Women face

AMBON, FM - Warga Maluku yang ada di Kota Ambon yang ingin merayakan Natal dan Tahun Baru di kampung halamannya boleh bergembira, karena Pemerintah Provinsi Maluku melalui Dinas Perhubungan akan melakukan mudik gratis melalui jalur laut.

Baca Juga: Penduduk Miskin di Maluku Capai 17.85 Persen
Baca Juga: Trophy Adipura Disambut Luapan Sampah

Pernyataan trtsebut disampaikan Kepala Dinas Perhubungan Maluki, Frans J Papilaya, kepada awak media dalam konfrensi pers di kantor Dinas Pehubungan Maluku, Selasa (11/12).
Dikatakan, untuk menyelenggarakan program ini, pemerintah daerah telah menyediakan sejumlah armada berupa kapal perintis, kapal penyeberangan ferri dan kapal cepat.

"Tahun ini Dinas Perhubungan Maluku membantu warga yang jauh atau di pulau-pulau kecil dan memakan waktu dengan menggunakan empat buah kapal perintis yakni KM Sabuk Nusantara 106, 87, 103 serta 1 kapal cadangan," ungkap Papilaya.

Pemerintah Maluku juha menyiapkan dua unit armada kapal cepat, yakni KM Ekspres Priscilla 99 rute Tulehu – Amahai yang berangkat pada 19 Desember 2018, serta KM Ekspres Cantika 99 dwngan ruteTulehu – Haria yang berangkat pada 18, 19, 20 dan 21 Desember.

Begitu juga dengan juga dengan angkutan penyebreangan akan di laksanakan pada pelabuhan Hunimua untuk lintasan Hunimua –waipirit dengan menggunakan KMP Roka Tenda, KMP Inelika, KMP Terubuk, KMP Dolosi, dan KMP Tanjung Kuako.
Untuk lintasan Waai-Haruku-Saparua-Amahai menggunakan KMP Samandar.

Bagi warga masyarakat yang ingin mengikuti program mudik gratis dengan menggunakan kapal perintis dapat melakukan pendaftaran di kantor Dinas Perhubungan Maluku, mulai tanggal 12 - 15 Desember 2018. Sedagkan bagi warga yang akan menggunakan kapal cepat dapat mendaftar di Kantor UPP Tulehu pada 18 – 21 Desember 2018. (FM03)