Pemprov Maluku Kembali Gelar Pasar Murah

No comment 134 views
banner 160x600

Women face

Ambon,- Pemerintah Provinsi Maluku, melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Maluku kembali menggelar pasar murah atau bazaar Jelang hari raya Idhul Fitri 1439 Hujriyah yang bertempat di halaman Kantor Disperindag Maluku, Jumat (8/6).

Baca Juga: Gempa Bumi Guncang Ambon Dan SBB, Tidak Berpotensi Tsunami
Baca Juga: Heli MI 8 Lakukan Water Bombing Wilayah Terdampak Likuifaksi Di Sulteng

Staf ahli Gubernur Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Halim Daties saat membacakan sambutan Plt Gubernur Maluku menyampaikan, kegiatan pasar murah atau bazaar yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Maluku dirancangkan khusus bagi masyarakat Kota Ambon dan sekitarnya, khusus kepada umat muslimin yang akan merayakan Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriyah tahun 2018.

Dia melanjutkan, sehingga masyarakat dengan mudah bisa memperoleh kebutuhan pokok dengan harga yang terjangkau, pada sisi yang lain pasar murah ini diharapkan dapat terjalin komunikasi dan interaksi sosial yang harmonis dalam menjalin rasa kebersamaan dan sepenanggungan.

"Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh kesabaran, dan bulan tolong menolong sehingga dengan demikian saya yakin dengan Ibadah Puasa di Bulan Suci Ramadhan selain akan lebih meningkatkan Iman dan Taqwa Umat Islam, juga akan meningkatkan toleransi dan kepedulian kaum muslimin untuk merasakan penderitaan yang sedang dialami fakir miskin dan tentunya akan menumbuhkan dorongan tekad dan semangat untuk dapat menyantuni fakir miskin sebagai wujud kepedulian sosial," jelas Halim

Halim mengajak semua masyarakat untuk patut bersyukur dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri 1439 H tahun 2018 nanti karena stok kebutuhan pokok pada Provinsi Maluku masih tersedia dalam jumlah yang cukup.

Dirinya mengakui, stok kebutuhan pokok yang tersedia cukup sampai saat ini berkat kerja sama Pemerintah Provinsi melalui Disperidag Provinsi Maluku yang telah membangun koordinasi secara terus menerus dengan beberapa kota besar di Provinsi lainnya di Indonesia antara lain Surabaya, Makasar, dan Manado sebagai pusat-pusat akumulasi distribusi kebutuhan pokok masyarakat di kawasan Indonesia Timur dalam upaya memperlancar arus distribusi kebutuhan pokok masyarakat ke Provinsi Maluku.

"Disadari sungguh bahwa beberapa hari terakhir ini terjadi kenaikan harga terhadap beberapa produk kebutuhan masyarakat, namun masih dalam batas yang wajar, khusus untuk komoditi telur dan bumbu-bumbuan seperti cabe, bawang merah dan ayam Broiler," akuinya.

Menurut Halim, selain pasar murah yang dilaksnakan pada kantor Dinas Perindag ini, Pemerintah Provinsi juga akan melaksanakan kegiatan yang sama secara mobile pada tanggal 9 dan 11 juni pada dua (2) kecamatan yaitu Salahutu dan Laihitu.

Untuk itu, dirinya berharap melalui pasar murah ini baik yang dilaksanakan pada Dinas Perindag maupun secara mobile akan membantu masyarakat sehingga dapat memenuhi kebutuhan pokok dengan harga yang murah.

Selain itu, pada kesempatan yang sama diharapkan kepada semua pihak terutama para distributor, para pedagang pengecer dan yang lainnya agar tidak melakukan kegiatan spekulasi tertentu sehingga dapat menyebabkan terjadi lonjakan harga yang tidak wajar, sehingga pada akhirnya akan merugikan masyarakat.

"Kepada semua pihak yang telah membantu dan berpartisipasi aktif, sehingga terlaksananya pasar murah menyambut hari raya Idul Fitri 1439 Hijriyah tahun 2018 ini, atas nama Pemerintah Daerah saya menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang tinggi," tutupnya. (MQN)