Pemkot Ambon Serahkan 3 Ranperda Usulan Dan 3 Ranperda Inisatif



banner 160x600
Women face

Ambon, - Pemerintah Kota Ambon kembali menyerahkan tiga rancangan peraturan daerah usulan kepada DPRD Ambon untuk dibahas lebih Lanjut, disamping itu ketua DPRD Kota Ambon, juga Menyampaikan tiga ranperda inisiatif dalam paripurna penyerahan ranperda di ruang Paripurna DPRD Ambon, Selasa(5/9).

Walikita Ambon, Richard Louhenapessy kepada Pimpinan dan Anggota DPRD Kota Ambon menjelaakan. Tiga Ranperda Usulan pemerintah antara lain, Ranperda Ijin lingkungan kemudian Ranperda Penyelenggaran perumahan, kawasan pemukiman dan kepemilikan bangunan gedung serta Ranperda Eliminasi Malaria.

Sementara itu Wakil Ketua DPRD Kota Ambon, Rustam Latupono mengatakan. DPRD juga memiliki tiga perda inisiatif tahun 2017 adalah dalam masa sidang tiga yakni Pedoman Pembentukan RT/RW di Kota Ambon, Pengelolaan ruang terbuka hijau dan Pemeriksaan Kualitas Air.

 Dijelaskannya, tujuan tiga ranperda inisiatif tersebut adalah agar kemasyarakatan RT/RW di kota Ambon dapat terjaga kemudian Pengelolaan ruang terbuka hijau dibentuk dengan baik sehingga semua pihak yang berkomitmen dapat menyerasikan dan menyeimbangkan lingkungan hidup juga Pemeriksaan Kualitas Air dilakukan agar dapat mengatur sistim pengawasan kualitas air berbasis HAM.

" Saat ini DPRD hanya memiliki waktu aktif kurang lebih tiga bulan untuk membahas ke enam ranperda tersebut. Karena itu diharapkan ada kerjasama baik antara legislatif dan eksekutif untuk memaksimalkan waktu yang ada, karena ini menyangkut kebutuhan dan kepentingan masyarakat," jelasnya.

Dikatakan pula, penyelesaian Ranperda menjadi perda itu sangat penting sebagai bukti kinerja ktentang aturan yang akan menjadi acuan kedepan dalam melaksanakan Pemerintahan. Sehingga pembahasan serta upaya penetapan ranperda menjadi perda akan dilakukan sebaik-baiknya demi menciptakan masyarakat yang adil dan sejahtra.(MQN)