Seleksi CPNS 2018

Pemerintah Akan Bentuk Tim Untuk Bertemu Menpan RB

No comment 27 views
banner 160x600

Women face

AMBON,FM - Pemerintah Provinsi Maluku akan membentuk tim untuk bertemu Menpan RB, di Jakarta, guna berkoordinasi seputar hasil seleksi CPNS  di provinsi Maluku. Hal ini  disampaikan langusng wakil gubernur Maluku, Zeth Sahuburua, usai melakukan rapat koordinasi yang berlangsung Jumat (9/11) di kantor Gibernur maluku, bersama seluruh bupati - walikota di Maluku.

Baca Juga: TdAM Untuk Perkenalkan Wisata Maluku
Baca Juga: Pembangunan Asrama Haji Antara Maluku Dikebut  

Sahuburua mengatakan, pertemuan ini khusus membicarakan hasil seleksi CPNS 2018 di seluruh kabupaten/kota, dimana hasilnya sangat memprihatinkan, karena standard nilai kelulusan yang ditetapkan pemerintah pusat terlalu tinggi.  

seperti diketahui, pada seleksi kali ini ada tiga jenis tes yang harus diikuti oleh perserta seleksi yakni, Tes Karakteristik Pribadi (TKP) dengan nilai 143, Tes Intelejensi Umum (TIU) 80 dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)  dengan nilai 75 dan waktu yang diberikan untuk mengerjakan soal hanya  90 menit.

“Kita akan coba bicarakan dan meminta pertimbangan ulang  dari Presiden, Wapres dan Menpan-RB, soal sistim penilaian dan pertimbangan nilai kelulusan,” kata Sahuburua.

Sebelumnya Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy telah mememinta kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kota Ambon, untuk menyurati Presiden, Menpan RB dan Ketua DPR RI agar pemerintah pusat dapat mengevaluasi hasil tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil 2018.

"Seleksi CPNS yang dilakukan di seluruh Indonesia, terutama di provinsi Maluku merupakan masalah serius yang harus ditangani, mengingat jumlah peserta yang lulus passing grade sangat sedikit dari formasi yang ditetapkan," katanya Louhenapessy.

Diakuinya, solusi yang akan ditempuh Pemkot Ambon yakni akan tetap menggunakan passing garde tetapi kolektif, yakni siapa yang tembus nilai yang ditetapkan bisa diakomodir, tanpa mempertimbangkan tiga tes.(FM-02)