OJK Datangkan Ahli SIP Dari BI

No comment 491 views


banner 160x600
Women face

Ambon, - Otoritas Jasa Keuangan dengan resmi mengambil ahli fungsi pengaturan, pengembangan, dan pengelolaan Sistem Informasi Perkreditan (SIP) dari Bank Indonesia (BI). Ungkap Bambang Hermanto Selaku Kepala OJK Provinsi Maluku dalam Konfrensi Pers Bersama Kantor OJK dan Kantor Perwakilan BI Provinsi Maluku yang berlangsung di Kantor OJK, Selasa (9/01)

Dengan Pengalihan tersebut Bank Indonesia (BI) menghentikan operasional layanan Sistem Informasi Debitur (SID) dan Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) yang dikelola OJK secara paralel selama periode April-Desember 2017.

Bambang menyatakan, pengalihan fungsi pengelolaan Sistem Informasi Kredit kepada OJK tidak akan mengurangi pelayanan yang selam ini telah dilakukan sebelumnya oleh Bank Indonesia (BI).

Lanjutnya, Nasabah dan Masyarakat serta pemiliki dana tetap akan mendapatkan akses Informasi pendanaan yang inklusif, murah dan mudah serta memperhatiakn prinsip kehati-hatian termasuk untuk mendukung kebijakan dan pengambilan keputusan lembaga Negara dan Pemerintahan lainnya.

Selain itu, Bambang Pramasudi selaku kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Maluku menambahkan, berdasarkan data yang dihimpun, Kantor Perwakilan (BI) telah melayani sejumlah masyarakat yang memerulkan Informasi Kredit total individu yang memanfaatkan layanan SID selama tahun 2017 tercatat sebanyak 71 kunjungan.

"Masyarakat yang ingin mendapatkan Informasi terkait istem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) OJK dan Informasi Kredit Nasabah atau Debitur Individual dapat langsung menghubungi Kantor OJK Provinsi Maluku yang telah menyediakan ruangan khusus untuk melayani permintaan Informasi debitur perbankan dan layanan jasa keuangan lainnya," pungkas Bambang Hermanto selaku kepala OJK Maluku. (MQN)