MENPAN-RB : JANUARI 2019 REKRUTMEN PEGAWAI PPPK SECARA NASIONAL

banner 160x600

Women face

AMBON,FM - Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Syafruddin mengatakan rekrutmen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) baru akan dimulai pada Januari 2019 mendatang.

Baca Juga: Penduduk Miskin di Maluku Capai 17.85 Persen
Baca Juga: Trophy Adipura Disambut Luapan Sampah

Hal ini berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 49 Tahun 2018 tentang Manajemen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Sayangnya, Syafruddin tidak menyebutkan formasi apa saja yang akan dibuka dalam rekrutmen PPPK.

Seperti dikutip dari laman bangkapos.com, Syafruddin menyebutkan, P3K ini memberikan ruang kepada profesional terutama honorer yang tidak memenuhi syarat untuk mengikuti CPNS, misalnya terkendala usia sebagaimana yang ditetapkan dalam Undang-Undang ASN no 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara.

"Banyak honorer tidak bisa mendaftar CPNS karena umurnya lewat, ini ruangnya ada oleh P3K di PP itu dinyatakan mulai dari umur 20 tahun sampai dengan 56 tahun. Kalau CPNS dibatasi hanya sampai 35 tahun, diatas itu enggak bisa," katanya.

Menurutnya, dengan P3K ini membuka ruang dan kesempatan bagi tenaga profesional untuk bisa menjadi Aparatur Sipil Negara asalkan memenuhi kualifikasi yang telah ditentukan.

"Iya, ini P3K untuk semua profesional, lebih terbuka daripada CPNS," katanya.

Ia menegaskan, dengan adanya P3K, daerah tidak boleh lagi merekrut tenaga honorer, pasalnya sudah diatur melalui P3K.

"Berlakunya P3K daerah tidak boleh lagi menerima honorer, karena ini sudah ada regulasinya dengan P3K," tegasnya. (***)