Lagi Pemda Gelar Pasar Murah

No comment 231 views


banner 160x600
Women face

Ambon,- Dalam rangka menyongsong hari raya Natal dan Tahun baru, Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Maluku melalui Badan Ketahanan Pangan kembali menggelar pasar murah di Negeri Hutumuri Kecamatan Leitimur Selatan, Kota Ambon.

Kepala Badan Ketahanan Pangan Maluku, M Z Sangadji sebagai ketua panitia pasar murah tersebut mengatakan. Kegiatan ini merupakan rangkaian dari Kemetrian Pertanian menyongsong hari-hari besar keagamaan dan yang menyentuh langsung masyarakat kecil.

Dan untuk mensukseskan kegiatan dimaksud, Badan Ketahanan Pangan Maluku bekerja sama dengan dua suplyer yakni UD 51 dan Bulog untuk memasok bahan-bahan pokok yang dibutuhkan masyarakat agar dapat dijual dengan harga yang terjangkau.

Sementara itu, Kasubag sumber daya pangan , Badan ketahanan pangan kementrian Pertanian, Sity Tarbiah pada kesempatan yang sama menjelaskan. Di Indonesia hanya delapan provinsi yang dipilih untuk mendapatkan kesempatan pelayanan pasar murah, dan sangat beruntung bagi Maluku karena termasuk dalam delapan provinsi tersebut.

Dikatakannya, pasar murah ini dilakukan terlebih khusus bagi masyarakat pinggiran dan berekonomi rendah. sehingga dalam menyambut hari raya , ada kemudahan bagi masyarakat untuk memenuhi kebutuhan pokoknya. Dan pasar murah akan digelar kurang lebih tiga kali, pada desa atau keluarahan berbeda di salah satu kabupaten pada masing-masing provinsi.

Sementara itu, Pejabat Raja Negeri Hutumuri, W G Waas sebagai tuan rumah penyelenggaraan pasar murah mengaku berterimakasih karena telah memilih daerahnya sebagai lokasi kegiatan tersebut

" bagi jami tentu saja pasar murah ini adalah bentuk perhatian dari pemerintah daerah yang patut dibanggakan, karena sekalipun Negeri Hutumuri ada pada ibu kota Provinsi. Namun jarak tempuh masyarakat untuk mengjangkau pasar induk tradisional cukup memakan waktu, sehingga dengan adanya pasar murah. Maka sebagai umat kristen , tentu saja kita merasa terbantukan karena harga yang ditetapkan dibawah harga distributor," ungkapnya.

Sementara itu, Inspektur Inspektorat Provinsi Maluku , Semy Risambessy sebelum membuka secara resmi pelaksanaan Pasar Murah, menghimbau masyarakat agar tidak dengan tamak membeli kebutuhan yang disediakan di Pasar Murah.

Menutunya, sekalipun harga yang ditetapkan rata-rata dibawah harga distributor. Namun stok yang disediakan suplyer tentunya disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat

Karena itu diharapkan adanya kerjasama yang baik antar masyarakat, agar tidak hanya masyarakat Negeri Hutumuri yang dapat berbelanja. Namun masyarakat sekitar di Kecamatan Leitimur selatan juga dapat merasakan manfaat dari pelaksanaan Pasar Murah.

Adapaun bahan pokok yang tersedia di pasar murah antara lain, Telur, Beras, Gula Pasir, Minyak Goreng, Terigu Bawang merah dan bawang putih.

Pelaksanaan Pasar murah kemudian dibuka secara resmi oleh Inspektur Maluku mewakili Gubernur Maluku, dengan didampingi Tim Kementrian Pertanian, Kepala Badan Ketahanan Pangan, Pejabat Raja Negeri Hutumuri, Camat Leitimur Selatan, Kapolsek Leitimur Selatan dan puluhan masyarakat. (MQN)