Ketua PKK Maluku Canangkan Gerakan Perempuan Tanam Dan Pelihara Pohon

banner 160x600

Women face

AMBON,FM - Ketua Pembina Kesejahteraan Keluarga (PKK) Provinsi Maluku, Reti Assagaff, mencanangkan gerakan perempuan tanam dan pelihara pohon tahun 2018. Pencanangan ini berlangsung di desa Hukurila, Kecamatan Leitimur Selatan, Ambon, sabtu (17/11).

Baca Juga: Bupati Abua Tipu Dua Mata Rumah Parentah Negri Hatu
Baca Juga: Lantik Raja Hatu Tanpa Pemilihan

Turut hadir dalam acara tersebut, Walikota Ambon Richard Louhenapessy, Asisten IIi setda Maluku, Zuklifi Anwar, Kepala Dinas Kehutanan Maluku Sadli Lie, dan berbagai organisasi perempuan di Maluku.

Ketua PKK Provinsi Maluku, Reti Assagaff dalam sambutannya mengatakan, pencanangan gerakan perempuan tanam dan pelihara pohon merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan tim PKK Maluku, dan bertujuan untuk membangkitkan semangat, memotivasi serta menjadikan kegiatan ini sebagai bagian dari budaya dengan kehidupan masyarakat.

Menurutnya, kegiatan yang dilakukan ini merupakan suatu tindakan untuk menyelematkan bumi dan lingkungan, serta tanggungajawab atas keberlangsungan hidup, karena bumi adalah dititip untuk generasi penerus masa depan Maluku.

Reti berharap, melalui kegiatan ini dapat membangkitkan semangat masyarakat dalam menjaga lingkungan, merawat pohon untuk tetap tumbuh dan berkembang sehingga dapa bermanfaat bagi kehidupan, terutama sebagai penyediaan oksigen.

Sementara itu, Kepala Dinas Kehutanan Maluku, Sadli Lie dalam sambutannya mengatakan, jumlah tanaman yang disediakan mencapai 100 anakan dan akan didistribusikam 500 anakan, jenis pohon dan tanaman produkstif lainnya.

Dikatakan, maskud dilaksanakannya kegiatan ini adalah sebagai sarana edukasi peningkatan kepedulian, kemampuan dan kemandirian perempuam akan pentinganya kelestarian lingkungan, serta mengajak perempuan untuk menanam dan memelihara tanamam sebagai salah satu upaya rehabilitasi hutan.

Sedangkan tujuannya adalah untuk memotivasi masyarakat khususnya perempuan untuk mempertahankan daya dukung lahan dengan menanam pohon dengan memanfaatkan ruang dan lahan yang tersedia (***)