Kasrem Binaiya Bekali Pelajar Semangat Bela Negara

No comment 130 views


banner 160x600
Women face

AMBON - Sebanyak 120 pelajar SMA Negeri 7 dan Mahasiswa KKN Unpatti mengikuti diskusi pemuda yang diselenggarakan oleh Forum Pemuda Cinta Tanah Air (FPCTA) dengan tema Bela Negara Mewujudkan Pertahanan Negara yang dilaksanakan di aula SMA Negeri 7, Ambon, Senin(11/12).

Dalam diskusi hadir sebagai pembicara Kasrem 151/Binaiya, Letkol Inf Christian Pieter Sipahelut dan Pimpinan KNPI Maluku, Nicolas Okmemere. Dalam diskusi tersebut Kasrem menyampaikan materi tentang Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara.

Dalam penyampaian materi, Kasrem menekankan pentingnya toleransi antar umat beragama. Saling menghargai dan menghormati orang lain. Kasrem menyampaikan bahwa Bela Negara bukan berarti harus memanggul senjata, tetapi yang lebih utama adalah menerapkan sikap disiplin dalam kehidupan sehari-hari.

Disiplin akan menjadikan pelajar menjadi orang yang baik. Apa yang disampaikan oleh guru diikuti dengan baik, menghormati guru, menghormati sesama dan juga menghormati teman. Kasrem juga menyampaikan bahwa pandangan hidup bangsa, ideologi bangsa, jiwa kita ada dalam Pancasila.

"Jika kalian menguasai Pancasila saya rasa kalian akan menjadi orang yang baik. Apalagi kalian bisa mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari", ujar Kasrem.

Pada kesempatan yang sama Pimpinan KNPI juga menyampaikan tentang nasionalisme bagaimana para pelajar sebagai generasi muda harus saling menghormati satu dengan yang lainnya. Menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Saling toleransi antar umat beragama.

Kegiatan diskusi pemuda yang dilaksanakan bagi pelajar SMA Negeri 7 sangat bermanfaat dalam membentuk rasa cinta tanah air dan Bela Negara bagi pelajar sebagai generasi muda.

Jandri Tuhumury selaku ketua FPCTA menyampaikan bahwa sesuai rencana FPCTA ingin menjadikan SMA Negeri 7 sebagai sekolah Bela Negara dan berharap agar SMA Negeri 7 dapat menjadi mitra Korem 151/Binaiya sehingga bila ada kegiatan-kegiatan yang berhubungan tentang bela negara dapat terjalin dengan baik. Turut hadir dalam diskusi pemuda, Kepala SMAN 7 beserta para guru dan Mahasiswa KKN Unpatti.(JWL)