Wisata

Indahnya Pulau pombo, Pulau Alami Tak Berpenghuni di Maluku tengah

banner 160x600

Women face

Pernakah anda membayangkan bisa berlibur ke sebuah lokasi terpencil yang jauh dari keramaian dan memiliki keindahan yang sangat menawan hati ? bahkan merasa seperti memiliki pulau pribadi ? Pasti anda tidak akan percaya, bahwa lokasi itu ada di Maluku.

Baca Juga: TdAM Untuk Perkenalkan Wisata Maluku
Baca Juga: Pembangunan Asrama Haji Antara Maluku Dikebut  

Pulau Pombo. Sebuah pulau kecil di kabupaten Maluku Tengah bisa menjadi pilihan terbaik untuk berlibur, jika anda menginginkan lokasi liburan yang agak privat.

Pulau Pombo menyimpan berbagai keindahan alam baik darat maupun laut yang sangat menawan. Belum lagi pulau kecil ini yang masih alami dan tak berpenghuni tentunya membuat nuansa liburan anda akan sangat berkesan.

Pulau Pombo terletak di Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah dengan luas pulau yang terlalu besar hanya 4 km persegi. Pulau ini tak berpenghuni dan masih alami. Pulau Pombo saat ini digunakan sebagai cagar alam dan juga taman wisata laut, maka sudah pasti liburan anda akan dimanjakan dengan beragam pesona alam baik di darat maupun di laut.

Pertama melihat, pasti anda akan terkejut, karena anda akan melihat sebuah daratan indah yang seakan megapung di tengah laut. Hamparan pasir putih dan warna air laut yang jernih membuat mata anda terpukau akan keindahannya.

Dengan air yang jernih dan bersih serta bergam biota laut yang ada di sana, anda akan disuguhi sebuah pemandangan yang luar biasa bisa menawan hati. Itulah mengapa alasan utama jika anda datang ke pulau Pombo, maka anda harus melakukan diving

Bagi anda yang berniat mengunjungi Pulau Pombo, maka rute perjalanan yang bisa anda tempuh untuk bisa sampai ke sana adalah dengan mengambil rute Ambon – Waai - Wainuru – Pulau Pombo. Dengan titik awal perjalanan dari Ambon anda akan menempuh perjalanan sekitar 45 menit dengan kendaraan darat (mobil atau motor) kemudian dilanjutkan ke Desa Wainuru dengan lama perjalanan 20 menit. Dari Desa Wainuru barulah anda bisa menuju ke Pulau Pombo dengan menggunakan Speed Boat yang memakan waktu berkisar antara 15-20 menit.

Karena alamnya yang masih sangat natural, sebab bagian hutannya pun masuk ke dalam hutan cagar alam, maka anda tidak akan menemukan fasilitas apapun di sana, bahkan untuk papan penunjuk sekalipun. Maka untuk akomodasi selama di pulau Pombo, yang paling memungkinkan adalah anda mendirikan tenda dan bermalam di alam terbuka, atau pilihan lainnya anda bila kemabali ke desa terdekat. Begitu pula dengan makanan anda sebaiknya membawa makanan sendiri jika berkunjung ke Pombo, namun perhatikan untuk membawa kembali sampah dari makanan yang anda bawa. Jangan lupa juga untuk membwa persediaan air serta obat-obatan untuk penanganan darurat mengingat lokasinya yang terpencil dan cukup jauh dari desa berpenghuni terdekat.

Demikianlah sekilas mengenai wisata Pulau Pombo yang begitu menawan. Bagi anda yang tertarik berkunjung dan merasakan keindahan dari Pulau Pombo akan lebih seru jika anda mengajak teman atau sahabat anda untuk berlibur ke sana.(***)