Dishub Rekayasa Lalu Lintas Saat Pembukaan Pesparani

No comment 138 views
banner 160x600

Women face

AMBON - Dinas Perhubungan Provinsi dan Kota Ambon telah melakukan kordinasi untuk menutup sejumlah jalan di pusat kota Ambon sebelum acara pembukaan Pesta Paduan Suara Gerejani (Pesparani), yang berlangsung pada tanggal 27 Oktober pukul 19.00 WIT.

Baca Juga: TdAM Untuk Perkenalkan Wisata Maluku
Baca Juga: Pembangunan Asrama Haji Antara Maluku Dikebut  

Jalan-jalan tersebut, yaitu Jln Pattimura, Jln AY Patty, Jln Anthony Rebook, Jln Sultan Hairun, Jln Pala, Jln kapitan Ulupaha, Jln Slamet Riyadi, jln D.I Pandjaitan dan Jln Wem Reawaru, belakang Kantor Gubernur. “Semua jalan tersebut akan ditutup mulai pukul 14.00 WIT yang difokuskan untuk defile peserta, maupun untuk tempat parkir kendaraan tamu maupun peserta. Mengingat pembukaan acara mulai pukul19.00 wit,”ujar Kepala Dinas Perhubungan Kota Ambon, Robby Sapulete kepada wartawan dalam konfrensi pers yang berlangsung di Dinas Perhubungan Provinsi Maluku, Kamis (24/10).

Untuk defile peserta Pesparani, akan dimulai dari Katedral (Jln Pattimura) menuju Jln Kapitan Ulupaha – Jln Sultan Hairun – masuk ke lapangan Merdeka. “Walaupun demikian, kami bersama Ditlantas Polda Maluku dan Satlantas Polres Pulau Ambon dan PP Lease , Dinas Perhubungan Provinsi,  sudah melakukan rekayasa jalan, sehingga pelayanan public tetap berjalan dengan baik,”jelasnya.

Untuk transportasi dari kecamatan nusaniwe menuju pusat kota, menurutnya bisa melalui Jln Sultan Babullah. Untuk angkutan kota diarahkan menuju Jln Yos Sudarso – Pantai Mardika, kemudian masuk terminal. Sebaliknya dari terminal menuju kecamatan Nusaniwe, melalui Pantai Mardika, Jln Honipopu – Jalan Pala – Jln. Sam Ratulangi – Jln AM Sangadji – Dr. Sutomo dan seterusnya. “Pintu terminal A1 akan kita rubah dari pintu masuk berfungsi sebagai pintu keluar, dan pintu keluar
menjadi pintu masuk,”ujarnya.

Sementara itu, bagi kendaraan dari Jln Sultan Babullah bisa belok kanan melalui Jln AM Sangadji – Jl Ponegoro – Jln Ahmad Yani.

Sedangkan untuk kendaraan yang menuju ke Jln Tulukabessy, bisa melalui Jln AM Sangadji – Jln Philip Latumahina – jln Dana Kopra – Jln Pattimura – Jln Benteng Kapahaha – Jln WR Suptraman.

Sementara Jln Kakilay depan Hotel Swissbel, hanya difokuskan kendaraan tamu undangan VIP maupun VVIP. Untuk angkutan umum menuju terminal melalui Belakang Soya, Tanah Tinggi, Jln Tulukabessy. “Jadi pada intinya jalan yang dipakai untuk parkiran kendaraan, yakni Jln Pattimura – Benteng Kapahaha, Jln Kapitan Ulupaha, Jln Sultan Hairun – Jln  Antony Reebok – sebagian Jln Pala – Slamet Riyadi,”tuturnya.

Sementara itu, untuk rute Presiden Joko Widodo dari tempat menginap di Hotel Santika, akan melalui Jalan Rijali – Jln Kakialy – Jln WR Supratman – Jln Slamet Riyadi dan masuk melalui gerbang utama atau depan tribun Lapangan Merdeka. “Jadi pada saat Presiden menuju Lapangan Merdeka dari HoteL Santika, kita sudah kosongkan ruas-ruas jalan yang dilewati Presiden,”pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Provonsi Maluku, Angky Papilaya mengungkapkan, ada 177 kendaraan yang dingunakan selama Pesparani, diantaranya 40 bus bantuan dari Kementerian Perhubungan, yang dioperasikan untuk memgantar dan menjemput kontingen, baik dari tempat menginap sampai ke lokasi perlombaan.

Untuk penutupan sejumlah ruas jalan, pihaknya sudah melayangkan surat izin ke Walikota. “Kita sudah melakukan koordinasi Dirlantas polda, polres dan Dishub Kota Ambon terkait rekayasa lalulintas,”

Pihaknya juga akan menempatkan personil disetiap lokasi perlombaan, sehingga proses lalu lintas disetiap lokasi kegiatan bisa berjalan dengan lancar.(JWL)