Banda Pulau Tertua Di Dunia, Pemprov Dorong Penilitian Lanjutan



banner 160x600
Women face

AMBON, -  Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan beberapa ahli beberapa waktu lalu. Pulau Banda diyakini merupakan pulau tertua yang ada di dunia. Hal tersebut dapat dilihat lantaran kedalaman laut banda yang begitu dalam, akan membutuhkan berribu-ribu tahun untuk membentuk suatu pulau.

Hal tersebut diungkapkan Gubernur Maluku, Said Assagaf kepada wartawan seusai menbuka Pesta Teluk Ambon Jumat (8/9) di Ambon.

Diungkapkan Assagaf beberapa waktu lalu, dirinya bersama salah satu senator asal Maluku, John Pieris serta beberapa tenag ahli kelautan mendatangi pulau Banda.

“Dan dri hasil penelitian awal yang dilakukan ahli-ahli tersebut, diyakini bahwa pulau Banda merupakan pulau yang tertua di dunia, “ ujar Assagaf.

Hal tersebut tambah Gubernur Maluku ini, bukannya tanpa alasan. Jika dilihat dari sejarah terbentuknya suatu pulau, maka untuk wilayah laut yang memiliki kedalaman laut 300 sampai 400 meter, maka membutuhkan waktu berpuluh-puluh tahun untuk terbentuknya suatu pulau.

Sedangkan Pulau banda sendiri lanjut Gubernur, yang memiliki kedalaman lebih dari 7.440 meter. Maka secara logika akan dibutuhkan beribu-ribu tahun untuk terbentuknya pulau Banda. Dan hal tersebut telah diteliti oleh beberapa ahli.

“Terkait hal tersebut, Pemerintah Provinsi Maluku akan mendorong pelaksanaan penelitian yang lebih mendalam lagi. Guna lebih memperkaut pendapat para ahli tersebut, “ beber Assagaf.

Selain itu juga pemerintah provinsi Maluku lewat Dinas Pariwisata Provinsi Maluku akan berupaya mendorong Kementerian Pariwisata guna mempromosikan Pulau Banda sebagai pulau tertua du dunia. (JWL)