AT Diprediksi Lolos Ke Senayan, Laturua Pupus Di Kota Ambon

No comment 224 views
banner 160x600

Women face

AMBON - Perhelatan pesta demokrasi lima tahunan, yakni pemelihan legislative, masih tersisa kurang lebih 6 bulan lagi.

Baca Juga: TdAM Untuk Perkenalkan Wisata Maluku
Baca Juga: Pembangunan Asrama Haji Antara Maluku Dikebut  

Namun demikian, suhu politik dan persaingan guna menduduki kursi dewan yang terhormat kian memanas.

Hal ini terlihat dari berbagai prediksi yang diajukan beberapa pemerhati politik di Kota Ambon. Salah satunya adalah, Anthony Victor Tamaela, SPi.

Kepada Fakta Maluku Kamis (25/10), Tamaela mengungkapkan. Berdasarkan komposisi atau susunan calon anggota legislative yang disampaikan keseluruhan Parpol peserta pemilu. Komposisi caleg partai NasDem untuk DPR RI, dianggap sebagai komposisi yang ideal.

"Komposisi caleg DPR RI dari Partai NasDem, yakni Rosita Usman, Abdulah Tuasikal alias AT, Ros Far Far, dan Victor Loupatty. Adalah komposisi yang mumpuni guna meraup suara sekaligus mencuri satu kursi Maluku di DPR RI, " beber Tamaela.

Rosita Usman lanjutnya, selaku Komando pemenang Partai NasDem Maluku tentu memiliki basis massa. Begitu juga dengan tiga kandidat lainnya.

Namun.dari empat utusan partai besutan Surya Paloh yang akan merebut kursi me DPR RI ini. Abdulah Tuasikal dinilai memiliki basis massa yang cukup militan.

"Kami memprediksi nantinya Ada dua kandidat partai NasDem yang akan bersaing memperebutkan jatah kursi di DPR RI. Keduanya yakni Abdulah Tuasikal dan Ros Far Far, tuturnya.

Abdulah Tuasikal lanjut Tamaela, memiliki basis massa yang cukup besar di wilayah Maluku Tengah. Dan Hal tersebut telah teruji yakni dengan kepemimpinannya sebagai bupati Maluku Tengah selama dua periode.

"Selain itu suka atau tidak suka, tangan dingin Abdulah Tuasika lah, yang menghantar istrinya duduk dikursi DPD. Dan anaknya.selaku anggota DPR RI, "

Disamping itu juga lanjut Tamaela, langkah langkah politik Tuasikal kadang susah diprediksi lawan politiknya. Bahkan.banyak orang yang menganggap langkah politik Tuasikal sebagai blunder. Akan tetapi mantan politisi partai Golkar ini mampu menjadikan hal tersebut sebagai suatu keuntungan.

"Sedangkan Ros Far Far diprediksi bakal meraup banyak suara di kabupaten.Maluku Tenggara Dan kota Tual. Hal ini lantaran adanya ikatan kultur yang sangat erat

"Kultur masyarakat Maluku Tenggara dan Tual adalah masyarakat disana sangat menjunjung saudara perempuan mereka. Dan ini yang menjadi keunggulan Far Far. Apalagi Far Far sudah begitu.dikenal masyarakat ketika menjabat sebagai Sekda Provinsi Maluku, " bebernya.

Sedangkan figur Rosita Usman dan Victor Loupatty, menurut Tamaela hanya akan berperan sebagai pengumpul suara.

Tamaela menilai, khusus untuk Victor Loupatty treatmen politik yang dijalankan pengusaha ini kurang tepat. Apalagi kedekatan Victor Loupatty dengan ketua DPW NasDem Maluku, Hamdani Laturua, justru akan menjadi bumerang baginya.

"Tentunya akan ada tokoh tokoh atau orang orang partai yang tidak sejalan dengan Laturua yang menganak emaska Loupatty, Dan bisa menjadi sumber keretakan ditubuh partai.NasDem Maluku, " ujarnya.

Dari hasil survey terakhir ujar Tamaela, empat partai yang digadang gadang bakal meloloskan wakilnya ke DPR RI adalah, PDIP, Demokrat, NasDem Dan.PKS.

Menyinggung mengenai kans Partai NasDem untuk kursi DPRD Provinsi Maluku dari dapil kota Ambon, Tamaela memprediksi. Untuk dapil Kota Ambon, peluang NasDem merebut kursi sangat tipis.

Lantaran Caleg DPRD partai NasDem ke DPRD Provinsi Maluku dari dapil kota Ambon. Tidak memiliki kemampuan meraih suara banyak. Dan figur figur partai NasDem kurang memiliki nilai jual di masyarakat.

Kondisi ini diperparah dengan hengkangnya pengumoul.pengumpul.suara partai NasDem seperti Herman Hattu, Donald Petta dan lain lain.

"Kami memprediksi Hamdany Laturua kemungkinan hanya mampu.mengumpulkan suara sebanyak.5000 an atau.naik.100 an dari suara miliknya pada Pileg 2014 silam. Dan itu berarti impian Laturua untuk duduk dikursi DPRD Provinsi Maluku akan pupus, " pungkas Tamaela. (JWL)