Elly Toisutta : Srikandi Golkar Kota Ambon Yang Mampu Survive

Akan Dilantik Sebagai Wakil Ketua DPRD Kota Ambon

No comment 495 views
banner 160x600

Women face

AMBON - Masalah akan sulit jika kita selalu mengabaikannya dan menganggapnya tidak ada. Jika kita melihat berdasarkan kenyataan, kita akan melihatnya saat ia muncul, dan menyelesaikannya sebelum ia sempat membesar.

Baca Juga: Golkar Siap Lawan Intimidasi Terhadap Rakyat
Baca Juga: Polda Dan Kejati Maluku Didesak Proses Hukum Kakak Kandung Bupati Buru

Mungkin inilah sepenggal kata" bijak yang harus menjadi motivasi bagi kita dalam menjalani hidup yang penuh dengan cobaan dan persoalan. Sudah menjadi ketetapan takdir kita sebagai manusia, bahwa selama hidup akan ada saja masalah dan cobaan yang kita hadapi. Apakah kita akan berlari dari masalah itu, ataukah dengan mengukur kemampuan diri, kita hadapi MAsalah itu dan mencari jalan keluarnya.

Seperti yang didalami wanita tangguh bernama lengkap Elly Toisutta, S.Sos. Meski harus menutup beberapa usahanya karena kolaps, dan harus membersarkan tiga buah hatinya sendiri, namun semangat untuk melanjutkan hidup menjadikannya harus bisa survive (bertahan hidup).

Caesar Chandra Alif, Abdi Aprizal Sheehan, dan Rafli Ramlan Juniarsyah, adalah tiga buah hatinya yang saat berpisah dengan suaminya tahun 2010 silam, menjadi sandaran dan motiviasi untuk terus hidup. Dengan kondisi ekonomi terpuruk, Travel dan Percetakan miliknya harus tutup karena kolaps, di tambah dengan pencalonannya sebagai anggota dewan gagal pada tahun 2009 silam, memaksanya untuk tetap kuat, bersama tiga orang anaknya.

Berbagai cobaan yang datang secara beruntun itu, tak membuat gentar Perempuan lulusan Universitas Darussalam Kota Ambon ini. Dirinya yakin, Tuhan tidak akan memberikan cobaan melebihi kemampuannya.

Di tengah tengah cobaan yang menempatkan dirinya pada titik terlemah, memaksa anak ke enam dari enam bersaudara ini, harus berani mengambil keputusan keputusan yang sulit. Salah satu keputusan yang paling berani diambil Si Bungsu dari Hj. Nazar Toisutta dan Hj. Aisyah Toisutta Baharudin ini adalah, menjual beberapa aset milik keluarga. Bermodalkan kepercayaan diri, ia yakin, dengan bekerja keras disertai dengan doa, hasil tidak akan mengkhianati proses.

Seolah tuhan menjawab doa doanya. Hanya butuh enam bulan, modal hasil penjualan beberapa aset keluarga, berhasil di kembalikan. Wanita berparas elok ini, Mampu mengembalikan ekonomi keluarganya, setelah bekerja sebagai kontraktor pada proyek proyek pengadaan PT PLN Wilayah Maluku dan Maluku Utara.

Bahkan dirinya pernah dipercayakan menangani pembangunan BTS-BTS milik PT Telkomsel wilayah Maluku. Di balik kesusahan ada kemudahan. Inilah yang menjadi tekad Toisutta dalam bekerja sembrautan pasca beberapa usahanya tutup.

" Dalam keadaan sulit, menuntut kita untuk harus berani mengambil keputusan, selama kita yakin dengan kemampuan yang ada pada diri kita. karena hidup terus berjalan, dan saya merasa dunia milik saya, setelah apa yang saya alami bersama tiga orang anak saya sebelumnya" kata wanita yang terkenal dengan ceplas ceplosnya, saat ditemui di kediamannya beberapa waktu lalu.

 

Terjun ke Dunia Politik

Dunia Politik sebenarnya bukan hal yang baru bagi Ibu tiga orang anak ini. tercatat pada tahun 1998 Perempuan asal Negeri Siri Sori Islam, Kecamatan Saparua Kabupaten Maluku Tengah ini, sudah masuk sebagai kader Partai Golkar.

Peluang itu semakin terbuka, tatkala partai Golkar Maluku mengalami masa transisi kepengurusan pasca di gelarnya Musyarawarah Daerah LUar Biasa (Musdalub) Partai Golongan Karya tahun 2006 lalu, yang akhirnya menetapkan Drs. M.A Latuconsina sebagai ketua DPD Golkar Maluku. Dalam kepengurusan yang baru itu, ibu tiga orang anak ini dipercayakan masuk sebagai pengurus DPD Partai Golkar Maluku.

Aktif di partai politik, tak membuat dara cantik ini melupakan tugas dan tanggung jawabnya sebagai ibu rumah tangga.

Di tengah kesibukan sebagai pengurus partai Golkar, tak mengurangi rasa keingintahuan dia Utk terus belajar dan bekerja..

Selain Sebagai Pengurus DPD Partai Golkar Maluku, Srikandi Elhau ini, juga ikut aktif dalam organisasi perempuan. Perempuan Sisaodiddo ini juga mempunyai catatan mentereng dalam panggung organisasi di Kota Ambon.

Antara lain, pernah menjabat sebagai Wakil Sekretaris IWAPI Provinsi Maluku (2005-2010), Bendahara Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia Maluku (2005-2010), Ketua Yayasan Kesejahteraan Pekerja Informal Indonesia Mandiri Cabang Maluku, PLT Ketua Al Hidayah, Pengurus Harian Yayasan Jantung Utama Maluku (2005-2010), Wakil Ketua DPD Partai Golkar Kota Ambon (2012-2015), Eks Ofisio Ketua KPPG Kota Ambon, Bendahara Partai Golkar Kota Ambon (2016-2020) Wakil Ketua DPRD kota Ambon dari Partai Golkar sampai sekarang.

Lepas dari kemampuan yang dimiliiki dan piawai dalam memanage hidupnya, tapi keberuntungan seakan selalu berpihak kepadanya. Tahun 2014 adalah tahun dimana ekspektasi dan harapan untuk bisa berbuat lebih dan berkontribusi bagi pembangunan kota Ambon ini menjadi nyata.

Mantan PLT Ketua Al Hidayah Kota Ambon ini, lolos sebagai anggota DPRD Kota Ambon dari Daerah Pemilihan Kecamatan Nusaniwe, Pada Pemilihan Legislatif di tahun itu. Perempuan yang terkenal dengan sikap Low Profile ini, berhasil lolos sebagai anggota DPRD Kota Ambon dengan memperoleh sembilan ratus lima belas suara.

"Saya calon dari dapil yang pada awalnya saya ragu akan lolos. Tapi dengan ketekunan dan kerja keras, masyarakat memberikan pilihan nya kepada saya" Intinya adalah berpikir positif,kerja keras, kerja ikhlas, selanjutnya serahkan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa" tandas Bendahara Partai Golkar Kota Ambon.

Yang terbaru dari kiprah politik perempuan berusia 47 tahun ini adalah, berhasil membawa kemenangan bagi Richard Syarif, pada Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Ambon, bersama tim Paparissa Baru.

Di plot sebagai Juru Kampanye oleh Richard Syarif, pada pesta demokrasi lima tahunan itu, Elly berhasil menunjukan kelasnya sebagai Jurkam Paparissa Baru yang berkwalitas. Mampu menandingi JUrkam Pasangan Paulus Kastanya-Sam Latuconsina (Pantas) yang berisikan tokoh tokoh politik Kota Ambon.

Terlibat sebagai Jurkam Paparissa Baru di berbagai kampanye, seakan memberikan panggung orasi bagi Politisi Muda Partai Golkar ini, meyakinkan masyarakat Kota Ambon untuk memilih Richard Syarif. Disertai dengan data dan mampu kombinasikan dengan program program kerja Richard Syarif, membuat orasi politik Toisutta begitu variatif dan tidak monoton. Atas dasar itulah, Elly Toisutta, dijuluki Srikandi Partai Golkar kota Ambon.

Atas dedikasi, loyalitas dan pengabdian tanpa pamrih, Dewan pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar memberikan penghargaan dengan mengangkat Politisi Muda Partai Golkar kota ambon ini, sebagai Wakil Kerua DPRD Kota Ambon dari fraksi Golkar. Pengangkatan Elly sebagai Wakil Ketua DPRD Golkar Kota Ambon ini, untuk mengisi kekosongan kursi Wakil Ketua DPRD Pasca meninggalnya Almarhum Hj Husein Toisutta.

Sebelumnya, DPD Dua Partai Golkar kota Ambon mengusulkan tiga nama kepada DPP Golkar. Setelah melalui mekanisme dan berbagai pertimbangan serta kebijakan, Dewan Pengurus Pusat (DPP) Partai Golkar kemudian memutuskan dan mengangkat Elly Toisutta sebagai Wakil Ketua DPRD Kota Ambon.

Jika tidak ada aral melintang, Pelantikan Elly Toisutta sebagai Wakil Ketua DPRD Kota Ambon, akan berlangsung Kamis (11/1) melalui sidang paripurna DPRD Kota Ambon.

Wanita yang saat ini berbahagia bersama tiga orang anaknya ini, telah menunjukan kepada kita, bahwa, bercerai dan berada pada titik terendah kehidupan itu, bukanlah kiamat dan bukan akhir dari segalanya. Maka tidak perlu putus asa atas cobaan yang Tuhan Berikan.

"Harapan tetap terbentang luas kalau mau berusaha. Tuhan akan selalu menolong, asalkan kita terus menerus meminta kepadaNya"kata Elly.

Menurutnya, tidak ada yang kebetulan dalam kehidupan ini. Bahkan daun kering yang jatuh sekalipun, semuanya telah diatur oleh sang Pemilik Kehidupan ini, Allah Subahanawataala, Tuhan Yang Maha Kuasa.

Terimakasih saya ucapkan kepada kedua orang tua saya, yang dengan sabar membesarkan dan mendidik saya. Trimakasih juga kepada ketiga anak saya dan saudara saudara saya yang selalu setia bersama sama saya dalam setiap keadaan apapun. Walikota dan Wakil Walikota Ambon terpilih. Para sahabat di Golkar yang terus memberikan inspirasi dan motivasi untuk terus berkarya,dan terima kasih juga kepada Masyarakat kota Ambon khususnya masyarakat Kecamatan Nusaniwe. Semoga jabatan sebagai Wakil Ketua DPRD Kota Ambon ini, bisa menjadi berkah bagi warga dan masyarakat kota Ambon, " pamungkas srikandi Golkar Kota Ambon ini. (JWL)