60 Persen Masyarakat Maluku Inginkan Gubernur Berpengalaman



banner 160x600
Women face

Ambon,- 60,34 persen masyarakat Maluku masih inginkan Gubernur berpengalaman untuk memimpin Maluku lima tahun kedepan daripada gubernur baru.

Direktur Lembaga survei Sinergi Data Indonesia (SDI) ,Barkah Pattimahu mengungkapkan, mayoritas pemilih di Maluku inginkan Gubernur berpengalaman yakni Said Assagaff yang berpasangan dengan Calon Wakil Gubernur Andareas Rentanubun atau SANTUN dalam Pilgub Maluku 2018.

Sementara pilihan masyarakat untuk Gubernur Baru, Calon Gubernur Murad Ismail yang berpasangan dengan Wakil Gubernur Maluku Barnabas Orno atau MAS BRO dengan 26,83 persen, sedangkan tidak tau atau tidak jawab sebanyak 12.83 persen.

“Kita melakukan survei diantara dua pilihan, Gubernur Baru dan Gubernur Pengalaman. Temuan survei, warga yang memilih Gubernur baru itu 26,83 persen, sedangkan yang memilih Gubernur berpengalaman itu 60,34 persen,” kata Barkah Pattimahu dalam keterangan pers hasil survei di Bizz Hotel, Ambon, Selasa (9/1).

Barkah mengungkapkan, survesi pendapat masyarakat dengan isu Gubernur Baru dalam hal ini MAS BRO dan Gubernur pengalaman, SANTUN itu digelar 12 hingga 20 Desember 2017 di 11 kabupaten/kota. Survei menggunakan metode multistage random sampling melalui wawancara tatap muka dengan responden 600 orang, margin of error 4,08 persen.

Menurut Barkah, temuan survei Gubernur Baru versus Gubernur Pengalaman, menunjukan SANTUN mengungguli pasangan MAS BRO. Barkah menjelaskan dari hasil survei 60,34 persen pemilih yang inginkan gubernur pengalaman, 88,37 persen merasa sangat yakin pasangan SANTUN mampu menyelesaikan persoalan di Maluku, sedangkan 9,70 persen menyatakan kurang dan tidak yakin.

Sementara itu menurut Barkah hasil survei menyebutkan, dari 26,83 persen pemilih yang inginkan Gubernur Baru, hanya separuh yang yakin Gubernur Baru mampu menyelesaikan persoalan di Maluku.

Sedangkan 36,22 persen menyatakan kurang dan tidak yakin. Barkah juga menyatakan, hasil survei, suara pasangan MAS BRO berpotensi hilang cukup besar karena yang memilih isu gubernur baru memilih SANTUN.

Barkah mengungkapkan, SDI juga melakukan survei terkait arah pemilih di Maluku berdasarkan tiga tipe. Yakni tipe pemilih rasional, pemilih berdasarkan pertimbangan kemampuan calon, pemilih sosiologis, tipe pemilih berdasarkan pertimbangan latar belakang kesamaan primordial, seperti agama dan suku. Serta pemilih psikologis, tipe pemilih berdasarkan pertimbangan sikap dan kepribadian.

Menurut Barkah, mayoritas pemilih di Maluku lebih rasional dalam menentukan pilihan. “Dan hasil survei, pasangan SANTUN unggul pada semua tipe pemilih termasuk pemilih berdasarkan kelompok agama. Hanya 16,80 persen pemilih rasional yang memilih Murad Ismail dan Barnabas Orno,” kata Barkah. (MQN)