Jelang Peringatan HUT RI Ke 72

1000 Pesan Dari Ujung Timur Untuk Indonesi

No comment 191 views


banner 160x600
Women face

AMBON - Banyak cara yang dilakuka warga dalam menyambut Hut kemerdakaan RI yang ke 72 tahun 2017. Begitupun puluhan siswa dan guru di daerah perbatasan, dalam rangka menyambut HUT Ri ke 72 ini. Mereka melakukan kegiatan yang tak kalah menariknya.  Seperti yang di lakukan para siswa dan guru di desa Maekor kecamatan Aru tengah selatan, Kepulauan Aru,  Provinsi Maluku

Para siswa dan guru ini membuat cara yang unik yakni melepasakan puluhan perahu layar yang disematkan bendera merah putih.Kegiatan pelepasan perahu layar ini berlangsung di pantai Maekor Rabu (16/8), para siswa berbaris sepanjang pantai sambil melepaskan perahu layar mereka di sertai dengan sikap penghormatan nan khusuk.

Selain para siswa di desa maekor, kegiatan serupanpun diadakan para siswa di desa Tabarfani, kecamatan Aru selatan Utara.Para siswa dan guru ini sebelum melepasakan perahu layar, mereka menuliskan 1000 pesan baik pada layar perahu bahkan badan perahu.

Pesan-pesan moral yang disematkan tersebut diantaranya berkaitan dengan keterbatasan mereka di daerah perbatasan, baik keterbatasan transportasi, komunikasi, penerangan bahkan akses internet bagi kemajuan pendidikan di perbatasan.

1000 pesan harapan para siswa dan guru ini diharapkan menjadi perhatian pemerintah pusat demi keutuhan NKRI. Apalagi kabupaten kepulauan Aru merupakan Kabupaten yang berbatasan langsung dengan negara Australia.

Sementara itu, Camatan Aru Selatan Utara,  Caken Zadrak Karatem mengatakan, kegiatan yang di lakukan para siswa dari dua desa ini sangat positif.

" Aru merupakan daerah kepulauan dan dari desa ke desa hanya bisa di tempuh dengan jalur laut dengan demikian, belum adanya ketersediaan sarana bahkan sejumlah ketertinggalan lainya. Menjadi salah satu kendala di Kabupaten Kepulauan Aru  “ beber Karatem.

Karatem  juga mengharapkan agar ketertinggalan yang ada yang disampaikan warga Kabupaten Aru lewat perahu yang mereka lepas ini, menjadi perhatian semua pihak demi kemajuan Indonesia,  teristimewa daerah yang berada di garda depan. (JWL)